Analisis yuridis perlindungan konsumen atas kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Waluyo, Bernadette M.
dc.contributor.author Widya, Putri Anggiariz
dc.date.accessioned 2019-08-03T05:52:30Z
dc.date.available 2019-08-03T05:52:30Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37542
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8604
dc.description 4271 - FH en_US
dc.description.abstract Keberadaan media sosial yang memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi menjadi faktor yang menyebabkan konsumen lebih memilih menggunakan media sosial dibandingkan dengan media konvensional. Dalam penggunaan media sosial terdapat data pribadi yang disimpan dan dikelola di dalamnya. Sifat dari data pribadi yang dapat merujuk atau mengidentifikasi seseorang menyebabkan kerahasiaan dari data pribadi perlu dijaga. Kerahasian dari data pribadi menyangkut keamanan dari pemilik data yang bersangkutan. Ketika terjadi peristiwa kebocoran data, maka timbul ancaman terhadap pemilik data yang bersangkutan mengingat dapat terjadi penyalahgunaan data. Pihak Facebook sendiri selaku pelaku usaha tidak memberikan kejelasan atas peristiwa yang terjadi kepada konsumennya. Pengguna Facebook selaku konsumen semakin dirugikan, karena selain mengalami kebocoran data, ternyata di dalam kebijakan data yang telah disetujui ketika membuat akun, terdapat klausula eksonerasi yang berisi pengalihan tanggung jawab, sehingga konsumen tidak dapat meminta pertanggungjawaban kepada pihak Facebook. Kedua hal tersebut jelas merugikan konsumen dan sangat bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang sebagaimana telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject Data Pribadi en_US
dc.subject erlindungan Konsumen en_US
dc.title Analisis yuridis perlindungan konsumen atas kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014200190
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401085801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account