Analisis strategi bisnis Teman Lama Bahureksa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yosefa
dc.contributor.author Tjahjana, Janice Jahja
dc.date.accessioned 2023-09-14T02:31:47Z
dc.date.available 2023-09-14T02:31:47Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43641
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15947
dc.description 10193 - FISIP en_US
dc.description.abstract Teman Lama Bahureksa merupakan kedai kopi yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat yang diperhadapkan dengan penurunan pendapatan, persaingan dengan kedai kopi sejenis, dan terbatasnya mobilitas akibat aturan pandemi Covid-19. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi oleh Teman Lama Bahureksa sebagai dasar perumusan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal untuk menghasilkan strategi bisnis yang tepat bagi Teman Lama Bahureksa. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Adapun tools yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Internal Value Chain untuk analisis lingkungan internal, STEEPLE dan Porter’s Five Forces untuk analisis lingkungan eksternal, matriks IE dan SWOT untuk analisis lingkungan internal dan eksternal, dan matriks QSPM untuk keputusan strategi. Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 9 faktor internal dan 17 faktor eksternal yang mempengaruhi hasil perhitungan IFE senilai 2,96 dan EFE senilai 2,55. Berdasarkan identifikasi CPM, Teman Lama Bahureksa menempati urutan ketiga dibandingkan dua kompetitor utama yang diidentifikasi. Berdasarkan matriks IE dan SWOT, 7 alternatif strategi yang dapat diterapkan, yaitu melakukan ekspansi usaha, mengoptimalkan kegiatan promosi, mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan nilai produk dan layanan, melakukan inovasi produk dan layanan, melakukan kolaborasi dengan brand lokal, memberikan diskon, harga khusus, dan promo, dan menentukan kembali harga jual. Adapun alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Teman Lama Bahureksa berdasarkan matriks QSPM, yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan nilai produk dan pelayanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject STRATEGI BISNIS en_US
dc.subject matriks SWOT en_US
dc.subject MATRIKS IFE en_US
dc.subject MATRIKS EFE en_US
dc.subject matriks CPM en_US
dc.subject matriks QSPM en_US
dc.title Analisis strategi bisnis Teman Lama Bahureksa en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801007
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account