Abstract:
CV AKIRA merupakan perusahaan trading pintu yang didirikan pada tahun
2011 dan berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Pada saat itu, pendiri CV AKIRA
melihat adanya peluang untuk menjadi pemasok furnitur berbahan kayu, khususnya
pintu. Dengan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan hingga kini CV
AKIRA telah memiliki kurang lebih 30 pelanggan setia dari berbagi kota dan
negara di Asia. Guna memanfaatkan peluang terkait kegiatan ekspor dan impor
yang diberikan pemerintah, CV AKIRA diharapkan memiliki strategi yang tepat
agar dapat mengembangkan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis strategi yang sudah diterapkan oleh CV AKIRA dalam
mempertahankan posisinya di Industri Furnitur, faktor internal dan eksternal apa
saja yang mempengaruhi perusahaan, serta alternatif strategi yang dapat diterapkan
oleh perusahaan agar perusahaan dapat berkembang. Peneliti menggunakan Matriks
TOWS, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Quantitative Strategic Planning
Matrix (QSPM) untuk mengolah data yang sudah didapatkan sebelumnya.
Berdasarkan hasil Analisis, saran strategi alternatif yang dapat diterapkan
oleh perusahaan adalah Strategi Pengembangan Pasar dan Integrasi ke Belakang.
Diharapkan dengan menerapkan strategi tersebut dapat mempertahankan dan
memperkuat posisi CV AKIRA di Industri Furnitur.