Abstract:
Saat ini merchandise band sangat dikagumi oleh masyarakat sehingga demand untuk kaus band sangat tinggi namun untuk membeli kaus band authentic dibutuhkan uang yang lumayan besar dan juga saat ini masyrakat menyukai budaya humor. Terlebih lagi persaingan yang ketat antara satu bisnis merchandise band dengan bisnis merchandise band lain.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah membahas strategi yang sudah digunakan oleh Lunacy dalam mempertahankan posisinya di Industri merchandise band, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan berdasarkan faktor internal dan eksternal yang sudah dianalisis dalam rangka menghadapi persaingan yang ketat dan juga pemain baru dalam industri merchandise band ini. Peneliti menggunakan Matriks TOWS, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Quantitive strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengolah data yang sudah didapatkan sebelumnya.
Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan oleh peneliti, saran strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah strategi pengembangan produk dengan cara Lunacy.id melakukan penambahan pada lini produk dan juga menambah jenis produk tidak hanya Kaus band saja melainkan totebag dan juga masker. Peneliti memiliki harapan bahwa dari hasil analisis dan strategi alternatif yang sudah dtentukan agar perusahaan dapat bertahan dan menjadi lebih kuat posisi Lunacy di Industri merchandise band