Abstract:
Perkembangan usaha – usaha yang diakibatkan oleh era digital yang saat ini sedang berlangsung, menyebabkan tingginya persaingan – persaingan yang terjadi diantara para pelaku bisnis di Indonesia. Salah satu pelaku bisnis tersebut adalah PT Anyar Retail Indonesia (RKM) yang bergerak pada industri supermarket bahan bangunan. Besar nya potensi pembangunan yang ada di Indonesia dapat menciptakan peluang maupun ancaman terhadap perusahaan, oleh karena itu PT Anyar Retail Indonesia (RKM) perlu menciptakan strategi dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal untuk dapat terus tumbuh dan berkembang dalam menghadapi persaingan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptis, Data didapatkan dengan melakukan wawancara terhadap pihak dari PT Anyar Retail Indoensia (RKM), observasi penulis ke beberapa gerai RKM dan studi literatur. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis SWOT, matriks SWOT, matriks EFE dan IFE, matrik IE, dan matriks QSPM, untuk menghasilkan strategi alternatif yang dapat digunakan oleh perusahaan.
Saat ini PT Anyar Retail Indonesia (RKM) menggunakan focus strategy untuk menciptakan keunggulan kompetitif terhadap para persaingnnya, yaitu dengan memfokuskan kegiatan perusahaannya di satu pasar tertentu yaitu Jawa Barat. Walaupun saat ini strategi yang digunakan sudah cukup efektif akan tetapi agar PT Anyar Retail Indonesia (RKM) dapat terus berkembang, diperlukan strategi alternatif yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini.
Berdasarkan analisis menggunakan matriks IE, saat ini PT Anyar Retail Indonesia berada pada kuadran 4 atau perusahaan saat ini dalam kondisi tumbuh dan berkembang. Terdapat dua strategi alternatif yang cocok untuk diimplementasikan pada perusahaan yang berada dalam kondisi tumbuh dan berkembang, yaitu strategi intensif (strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk) dan strategi integrasi (strategi integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal).