Analisis strategi bersaing PT. Anyar Retail Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Muhammad, Fandi Alfathan
dc.date.accessioned 2022-03-31T08:32:22Z
dc.date.available 2022-03-31T08:32:22Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41102
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12816
dc.description 9589 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perkembangan usaha – usaha yang diakibatkan oleh era digital yang saat ini sedang berlangsung, menyebabkan tingginya persaingan – persaingan yang terjadi diantara para pelaku bisnis di Indonesia. Salah satu pelaku bisnis tersebut adalah PT Anyar Retail Indonesia (RKM) yang bergerak pada industri supermarket bahan bangunan. Besar nya potensi pembangunan yang ada di Indonesia dapat menciptakan peluang maupun ancaman terhadap perusahaan, oleh karena itu PT Anyar Retail Indonesia (RKM) perlu menciptakan strategi dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal untuk dapat terus tumbuh dan berkembang dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptis, Data didapatkan dengan melakukan wawancara terhadap pihak dari PT Anyar Retail Indoensia (RKM), observasi penulis ke beberapa gerai RKM dan studi literatur. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis SWOT, matriks SWOT, matriks EFE dan IFE, matrik IE, dan matriks QSPM, untuk menghasilkan strategi alternatif yang dapat digunakan oleh perusahaan. Saat ini PT Anyar Retail Indonesia (RKM) menggunakan focus strategy untuk menciptakan keunggulan kompetitif terhadap para persaingnnya, yaitu dengan memfokuskan kegiatan perusahaannya di satu pasar tertentu yaitu Jawa Barat. Walaupun saat ini strategi yang digunakan sudah cukup efektif akan tetapi agar PT Anyar Retail Indonesia (RKM) dapat terus berkembang, diperlukan strategi alternatif yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Berdasarkan analisis menggunakan matriks IE, saat ini PT Anyar Retail Indonesia berada pada kuadran 4 atau perusahaan saat ini dalam kondisi tumbuh dan berkembang. Terdapat dua strategi alternatif yang cocok untuk diimplementasikan pada perusahaan yang berada dalam kondisi tumbuh dan berkembang, yaitu strategi intensif (strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk) dan strategi integrasi (strategi integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Competitive Matrix en_US
dc.subject Analisis Lingkungan Internal en_US
dc.subject Analisis Lingkungan Ekternal en_US
dc.subject Matriks SWOT en_US
dc.subject Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) en_US
dc.subject Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal- Eksternal (IE) en_US
dc.subject Matriks QSPM en_US
dc.title Analisis strategi bersaing PT. Anyar Retail Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320066
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account