Abstract:
Teman Lama Bahureksa merupakan kedai kopi yang berlokasi di Kota
Bandung, Jawa Barat yang diperhadapkan dengan penurunan pendapatan,
persaingan dengan kedai kopi sejenis, dan terbatasnya mobilitas akibat aturan pandemi Covid-19. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi oleh Teman Lama Bahureksa sebagai dasar perumusan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal untuk menghasilkan strategi bisnis yang tepat bagi Teman Lama Bahureksa. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Adapun tools yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Internal Value Chain untuk analisis lingkungan internal, STEEPLE dan Porter’s Five Forces untuk analisis lingkungan eksternal, matriks IE dan SWOT untuk analisis lingkungan
internal dan eksternal, dan matriks QSPM untuk keputusan strategi.
Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 9 faktor internal dan 17 faktor
eksternal yang mempengaruhi hasil perhitungan IFE senilai 2,96 dan EFE senilai 2,55. Berdasarkan identifikasi CPM, Teman Lama Bahureksa menempati urutan ketiga dibandingkan dua kompetitor utama yang diidentifikasi. Berdasarkan matriks IE dan SWOT, 7 alternatif strategi yang dapat diterapkan, yaitu melakukan ekspansi usaha, mengoptimalkan kegiatan promosi, mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan nilai produk dan layanan, melakukan inovasi produk dan layanan, melakukan kolaborasi dengan brand lokal, memberikan diskon, harga khusus, dan promo, dan menentukan kembali harga jual. Adapun alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Teman Lama Bahureksa berdasarkan matriks QSPM, yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan nilai produk dan pelayanan.