Abstract:
Perkembangan teknologi yang canggih saat ini, membuat banyak perusahaan yang menawarkan berbagai produk baru atau pelayanan jasa . Banyaknya perusahaan yang berdiri saat ini tentu , akan meperketat persaingan yang ada. Ketatnya persaingan yang ada membuat perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan strategi yang bermacam-macam. Salah satu penyedia pelayanan produk dan jasa kurir yang sudah lama eksis adalah PT. Pos Indonesia.
Tujuannya diadakan penelitian ini adalah membahas strategi apa yang sudah diterapkan oleh PT. Pos Indonesia dalam mempertahankan posisi didalam Jasa kurir, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan berdasarkan faktor internal dan eksternal yang sudah dianalisis dalam rangka menghadapi pemain baru yang bermunculan di bidang Jasa kurir. Peneliti menggunakan Matriks TOWS, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengolah data yang sudah didapatkan sebelumnya.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, saran strategi alternatif yang dapat dilakukan dan diterapkan oleh perusahaan adalah strategi pengembangan produk. Saran kepada perusahaan yaitu mengembangkan produk yang dimiliki dengan membuat keunikan dalam prangko yaitu mengikuti trend yang sedang berkembang dengan membuat gambar-gambar prangko yang berbeda dari sebelumnya.