Abstract:
Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin konsumtif memengaruhi
sektor industri olahraga dan kesehatan karena masyarakat mulai khawatir dengan
kesehatan tubuhnya. Kebutuhan dan permintaan akan jasa di bidang olahraga terus
meningkat dikarenakan tren olahraga saat ini yang mulai bergeser dan
menyebabkan munculnya banyak usaha yang menawarkan jasa dengan jenis
olahraga Body Shape Pilates, Cardio Boxing, Cardio Dance, FBX, Freeletics, Muay
Thai, Pound Fit, Taekwondo, TRX, Yoga, Zumba, dan sejenisnya. Amora Yoga
Studio merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan jasa olahraga tersebut.
Penelitian ini ditujukkan untuk membahas strategi apa saja yang sudah
diterapkan oleh Amora Yoga Studio dalam mempertahankan posisinya di Industri
olahraga dan kesehatan, faktor internal dan eksternal yang berpengaruh, serta
mengetahui strategi alternatif apa yang dapat diterapkan oleh perusahaan setelah
penelitian dalam rangka menghadapi persaingan. Peneliti menggunakan Matriks
SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, dan Analisis QSPM untuk
mengolah data yang sudah didapatkan. Merujuk pada hasil penelitian ini, Penulis memberikan saran kepada
perusahaan untuk menerapkan strategi penetrasi pasar. Dengan menerapkan strategi
alternatif tersebut, perusahaan diharapkan dapat mempertahankan dan memperkuat
posisi bersaing di industri olahraga dan kesehatan.