Abstract:
Pentingnya dividen bagi investor adalah sebagai pertimbangan investor dalam pembelian saham. Selain itu, dividen juga penting bagi manajemen adalah untuk menunjukkan keberhasilan manajemen dalam menjalankan perusahaan sekaligus menunjukkan stabilnya cash flow perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Growth dan Firm Size terhadap Dividend Payout Ratio. Data dalam penelitian ini bersumber dari annual report perusahaan yang dipublikasikan di website Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan tahun 2012-2015. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kriteria pemilihan sampel adalah perusahaan yang membayarkan dividen tunai secara berturut-turut selama periode pembayaran yaitu pada tahun 2012-2015. Berdasarkan kriteria tersebut, perusahaan yang memenuhi kriteria berjumlah 30 perusahaan.
Dalam statistika deskriptif yang dipergunakan adalah perhitungan nilai tengah (mean), nilai minimum, nilai maksimum dan perhitungan standar deviasi. Metode analisa dilakukan dengan pengujian klasik terhadap lima variabel independen kemudian uji F dan uji t. Diperoleh bahwa DER tidak berpengaruh signifikan kemudian dikeluarkan dari model dan kembali dilakukan pengujian ulang. Uji klasik terhadap empat variabel independen yang dilakukan dengan uji F dan uji t menunjukkan bahwa hanya variabel ROA, Growth dan Firm Size yang berpengaruh signifikan sementara CR tidak berpengaruh. Pengujian klasik kemudian dilakukan terhadap tiga variabel independen dilakukan dengan uji F dan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa ROA, Growth dan Firm Size berpengaruh signifikan.
Dengan demikian diperoleh tiga variabel independen yaitu ROA, Growth dan Firm Size yang perlu dipentingkan dalam kebijakan dividen.
Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0.218 atau 21.8%. Hal ini menunjukkan bahwa 21.8% Dividend Payout Ratio (DPR) dipengaruhi oleh variabel ROA, Growth dan Firm Size. Sedangkan sisanya sebesar 78.2% dijelaskan oleh variabel lain.
Hasil analisis ini dapat menjadi masukan dalam mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham sehubungan dengan harapan investor terhadap dividen yang dibagikan. Sedangkan bagi manajemen perusahaan, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terhadap kebijakan dividen agar dapat memaksimalkan nilai perusahaan.
Penelitian selanjutnya disarankan agar mengikutsertakan variabel lain yang masih relevan dengan penelitian dan dapat menggunakan rentang periode yang lebih panjang serta sampel yang lebih banyak.