Analisis strategi bersaing digital pada Toko Mas Berkah Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Fernando, Andre
dc.date.accessioned 2024-11-14T08:36:46Z
dc.date.available 2024-11-14T08:36:46Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46054
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19488
dc.description 10574 - FISIP en_US
dc.description.abstract Di zaman yang serba modern ini, kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Teknologi Informasi juga mendorong perkembangan pada bidang perdagangan yaitu pada bidang E-Commerce. Hal ini diperkuat oleh data dari Media Center Riau (2023), yang menyatakan bahwa jumlah pengguna E-Commerce di Indonesia mencapai 178.94 juta orang pada tahun 2022. Dengan adanya peningkatan pada penggunaan E-Commerce, memaksa perusahaan untuk terjun ke dalam bisnis digital. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah strategi bersaing yang efektif untuk memastikan efisiensi dan efektivitas proses bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan membuat strategi bersaing digital yang tepat bagi Toko Mas Berkah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan membuat strategi bersaing digital yang tepat bagi Toko Mas Berkah mengingat banyaknya toko-toko perhiasan khususnya di Tasikmalaya sudah beralih menggunakan e-commerce yang membuat tingkat persaingan pada bisnis perhiasan emas di Tasikmalaya semakin ketat membuat Toko Mas Berkah yang baru terjun ke e-commerce harus dapat memiliki strategi bersaing digital yang efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan akan dirumuskan ke dalam analisis eksternal PESTEL dan analisis Porter’s Five Forces, sedangkan Analisis lingkungan internal menggunakan Value Chain Analysis. Hasil analisis yang didapatkan mengarah pada pemahaman analisa SWOT yang membantu dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan, ancaman sesuai dengan matriks SWOT yang disajikan. Berdasarkan hasil penelitian, Toko Mas Berkah sudah tepat menerapkan strategi Cost Leadership Hal ini dapat dilihat dari karakteristik pelanggan di Kota Tasikmalaya yang sensitif terhadap harga, selain itu juga dari sisi peluang Toko Mas Berkah dapat memanfaatkan tren naiknya pembelian emas sebagai investasi semakin tinggi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan strategi cost leadership yang baik, Toko Mas Berkah disarankan mengembangkan strategi Cost leadership dengan memperhatikan dan meningkatkan efisiensi pada sisi value chain agar tercipta dan mencapai strategi cost leadership yang baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject STRATEGI BERSAING en_US
dc.subject ANALISIS INTERNAL en_US
dc.subject ANALISIS EKSTERNAL en_US
dc.subject ANALISIS PESTEL en_US
dc.subject ANALISIS SWOT en_US
dc.subject MATRIKS SWOT en_US
dc.title Analisis strategi bersaing digital pada Toko Mas Berkah Tasikmalaya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6082001020
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account