Abstract:
Di zaman yang serba modern ini, kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang
sangat cepat. Teknologi Informasi juga mendorong perkembangan pada bidang perdagangan yaitu
pada bidang E-Commerce. Hal ini diperkuat oleh data dari Media Center Riau (2023), yang
menyatakan bahwa jumlah pengguna E-Commerce di Indonesia mencapai 178.94 juta orang pada
tahun 2022. Dengan adanya peningkatan pada penggunaan E-Commerce, memaksa perusahaan
untuk terjun ke dalam bisnis digital. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah strategi
bersaing yang efektif untuk memastikan efisiensi dan efektivitas proses bisnis mereka. Penelitian
ini bertujuan untuk memahami dan membuat strategi bersaing digital yang tepat bagi Toko Mas
Berkah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan membuat strategi bersaing digital yang tepat
bagi Toko Mas Berkah mengingat banyaknya toko-toko perhiasan khususnya di Tasikmalaya sudah
beralih menggunakan e-commerce yang membuat tingkat persaingan pada bisnis perhiasan emas di
Tasikmalaya semakin ketat membuat Toko Mas Berkah yang baru terjun ke e-commerce harus dapat
memiliki strategi bersaing digital yang efektif dan efisien.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pada
penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Data yang
telah dikumpulkan akan dirumuskan ke dalam analisis eksternal PESTEL dan analisis Porter’s Five
Forces, sedangkan Analisis lingkungan internal menggunakan Value Chain Analysis. Hasil analisis
yang didapatkan mengarah pada pemahaman analisa SWOT yang membantu dalam
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan, ancaman sesuai dengan matriks SWOT yang
disajikan.
Berdasarkan hasil penelitian, Toko Mas Berkah sudah tepat menerapkan strategi Cost
Leadership Hal ini dapat dilihat dari karakteristik pelanggan di Kota Tasikmalaya yang sensitif
terhadap harga, selain itu juga dari sisi peluang Toko Mas Berkah dapat memanfaatkan tren naiknya
pembelian emas sebagai investasi semakin tinggi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan strategi cost
leadership yang baik, Toko Mas Berkah disarankan mengembangkan strategi Cost leadership
dengan memperhatikan dan meningkatkan efisiensi pada sisi value chain agar tercipta dan mencapai
strategi cost leadership yang baik.