Abstract:
Bandung adalah salah satu pusat kuliner Indonesia, dimana sektor kuliner
terutama kafe mengalami pertumbuhan yang pesat. Pipinos Bakery, yang
merupakan salah satu kafe dan toko roti di kota tersebut, menarik perhatian
dengan mendapatkan ulasan positif dari para konsumennya. Penelitian ini
menggali pengaruh brand experience terhadap brand attachment, dengan
mempertimbangkan peran brand trust sebagai variabel mediasi pada Pipinos
Bakery di Bandung. Berdasarkan data kafe hits di Bandung, Pipinos Bakery
dikenal sebagai kafe yang diminati. Evaluasi konsumen menunjukkan penilaian
positif, walaupun terdapat perbedaan signifikan pada aspek harga yang
dibandingkan dengan rasa. Analisis volume penjualan menunjukkan tren
peningkatan, mencerminkan daya tarik yang bertahap.
Tujuan penelitian adalah mendalami hubungan antara brand experience,
brand trust, dan brand attachment. Metode penelitian kuantitatif digunakan,
dengan instrumen dan analisis statistik. Temuan utama mencerminkan persepsi
positif terhadap brand experience, brand trust, dan brand attachment, membentuk
landasan kuat untuk memahami hubungan di antara ketiganya. Analisis jalur
menunjukkan bahwa brand experience mempengaruhi brand attachment melalui
brand trust..
Kesimpulan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman
dinamika kompleks di dalam konteks industri kuliner, khususnya pada Pipinos
Bakery. Implikasi praktisnya dapat menjadi panduan bagi manajer merek untuk
memperkuat pengalaman merek, kepercayaan, dan keterikatan konsumen, demi
mendukung pertumbuhan positif bisnis dalam jangka panjang.