Abstract:
Di era digitalisasi saat ini perkembangan dan persaingan khususnya usaha restoran dan café sedang berkembang pesat. Terlihat dari banyaknya perusahaan menggunakan sosial media sebagai alat media pemasaran salah satunya adalah instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Distinctiveness, Utility of brand fanpage, dan Social Interaction terhadap Brand Loyalty, melalui Consumer social network brand identification (CSNBI). Objek penelitian ini adalah Resto dan Café yang ada di kota Bandung yaitu Resto & Café Pawon Pitoe Bandung, yang memiliki tiga cabang yaitu lokasi Lengkong, Talaga Bodas, dan Bungur. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan di dapatkan jumlah responden sebanyak 170 orang. Data yang diperoleh diuji menggunakan Structural Equation Model, Inner Model dan dianalisis dengan tabel distribusi frekuensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Utility of brand fanpage berpengaruh positif pada Brand Loyalty yang dimediasi oleh CSNBI. Namun Brand Distinctiveness dan Social Interaction tidak berpengaruh terhadap Brand Loyalty yang dimediasi oleh CSNBI. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa CSNBI tidak memediasi pengaruh Brand Distinctiveness dan Social Interaction terhadap Brand Loyalty.