Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan : studi empiris pada perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewanti, Monica Paramita Ratna Putri
dc.contributor.author Tania, Jennie
dc.date.accessioned 2023-04-11T01:29:08Z
dc.date.available 2023-04-11T01:29:08Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42884
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14835
dc.description 24709 - FE en_US
dc.description.abstract Pandemi covid – 19 membuat pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan WFH, yang membuat beberapa perusahaan mengalami kesulitan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Namun, disisi lain pandemi covid – 19 membuka peluang bagi perusahaan subsektor telekomunikasi akan kebutuhan jaringan yang baik, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk dan jasanya, dengan harapan dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Tujuan manajemen keuangan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang dapat dilihat melalui peningkatan harga saham. Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan yang menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan ukuran perusahaan. Keputusan investasi erat kaitannya dengan investasi dalam aset tetap. Ketika perusahaan berinvestasi, maka menunjukan adanya prospek untuk bertumbuh, sehingga dapat menarik investor dalam berinvestasi dan meningkatkan nilai perusahaan. PER digunakan untuk mengukur keputusan investasi pada penelitian ini, yang menunjukan jumlah dolar yang akan dibayarkan investor untuk setiap laba perusahaan. PER dapat menggambarkan seberapa tertariknya investor terhadap perusahaan, sehingga investor rela untuk membeli saham perusahaan pada harga tertentu untuk setiap laba perusahaan. Sementara, keputusan pendanaan merupakan keputusan manajer terkait proporsi pendanaan perusahaan yang diukur melalui DER. Berdasarkan signalling theory, apabila perusahaan yang melakukan pendanaan yang berasal dari utang, maka akan memberikan sinyal positif kepada investor bahwa perusahaan akan menghasilkan laba sehingga dapat membayar kewajibannya dan membagikan keuntungan kepada investor. Hal tersebut dilakukan untuk menarik investor dalam berinvestasi dan meningkatkan nilai perusahaan. Ukuran perusahaan menunjukan skala suatu perusahaan. Semakin besar ukuran perusahaan, maka akan membuat investor semakin tertarik karena perusahaan besar berupaya membagikan dividen secara konstan agar dapat menarik minat investor untuk membeli saham perusahaan dan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 6 perusahaan sampel yang memenuhi kriteria penelitian. Data perusahaan diperoleh melalui laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan dan analisis data berupa: analisis statistik deskriptif, uji model data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis model regresi data panel menggunakan EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keputusan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 2) keputusan pendanaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 3) ukuran perusahaan tidak dapat dibuktikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan 4) keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel penelitian ini mampu menjelaskan 60,23% nilai perusahaan, sementara 39,77% lainnya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, berikut adalah saran yang dapat diberikan: 1) bagi perusahaan diharapkan dapat lebih memperhatikan keputusan investasi dan pendanaan yang dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 2) bagi investor diharapkan melihat rasio – rasio keuangan yang mengindikasikan kondisi keuangan perusahaan seperti PER, DER, dan PBV sehingga dapat memperkirakan return yang akan didapatkan; dan 3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel independen lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi nilai perusahaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject keputusan investasi en_US
dc.subject keputusan pendanaan en_US
dc.subject nilai perusahaan en_US
dc.subject ukuran perusahaan en_US
dc.title Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan : studi empiris pada perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801157
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417108702
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account