Pengaruh financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ45 non keuangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewanti, Monica Paramita Ratna Putri
dc.contributor.author Anggarani, Veronica Milacandra
dc.date.accessioned 2023-04-05T07:06:52Z
dc.date.available 2023-04-05T07:06:52Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42869
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14813
dc.description 24694 - FE en_US
dc.description.abstract Setiap perusahaan mempunyai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek dari sebuah perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan menggunakan sumber daya yang dimiliki, sedangkan tujuan jangka panjang dari perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi pemilik modal terhadap kinerja perusahaan yang digambarkan melalui harga yang bersedia dibayar oleh investor. Nilai perusahaan merupakan sebuah informasi bagi investor bahwa perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Maka dari itu, nilai perusahaan juga dapat menentukan tingkat keberhasilan suatu perusahaan. Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, antara lain: financial leverage, ukuran perusahaaan, dan profitabilitas. Financial leverage dihitung menggunakan indikator DER. Para pemegang saham percaya bahwa perusahaan dapat mengelola dan menggunakan utang untuk menghasilkan laba yang lebih tinggi sehingga nilai perusahaan meningkat. Ukuran perusahaan dihitung menggunakan indikator ln total aset. Banyak perusahaan besar yang cenderung mengalokasikan profit untuk memperbesar ukuran perusahaan dengan cara ekspansi. Perusahaan besar juga akan menahan profit untuk kemungkinan adanya peningkatan expense di masa yang akan datang, dibandingkan dengan membaginya dalam bentuk dividen sehingga membuat investor kecewa dan dapat menurunkan nilai perusahaan. Profitabilitas dapat dihitung menggunakan indikator ROA. Profitabilitas yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik karena mampu menghasilkan laba yang besar sehingga investor akan merespon positif dan nilai perusahaan akan meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat data panel karena data yang dikumpulkan berada dalam interval tiga tahun. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik studi pustaka. Data yang digunakan berupa laporan keuangan yang diakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan diuji menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji statistik t, uji statistik F, serta uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) financial leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 2) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 3) profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 4) financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai adjusted R-squared sebesar 0,866170 dapat diartikan bahwa variabel financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas dapat menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 86,617%. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang dapat diberikan antara lain: 1) investor dan calon investor sebaiknya lebih memperhatikan faktor financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas untuk melihat pengaruhnya terhadap nilai perusahaan yang sahamnya akan dibeli, 2) perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan dan mempertimbangkan faktor financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas dalam mengambil keputusan serta mengukur kemampuan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, 3) peneliti selanjutnya diharapkan mampu menambah variabel independen lain yang mampu memengaruhi nilai perusahaan, memperluas sampel penelitian, menambah periode penelitian, serta meneliti industri atau sektor tertentu agar dapat melihat konsistensi penelitian. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject financial leverage en_US
dc.subject nilai perusahaan en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject ukuran perusahaan en_US
dc.title Pengaruh financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ45 non keuangan yang terdaftar di BEI periode 2018-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801096
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417108702
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account