Abstract:
Setiap perusahaan mempunyai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka
pendek dari sebuah perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan menggunakan
sumber daya yang dimiliki, sedangkan tujuan jangka panjang dari perusahaan adalah untuk
meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi pemilik modal terhadap
kinerja perusahaan yang digambarkan melalui harga yang bersedia dibayar oleh investor. Nilai
perusahaan merupakan sebuah informasi bagi investor bahwa perusahaan tersebut mampu
menghasilkan keuntungan yang tinggi. Maka dari itu, nilai perusahaan juga dapat menentukan
tingkat keberhasilan suatu perusahaan.
Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, antara lain:
financial leverage, ukuran perusahaaan, dan profitabilitas. Financial leverage dihitung
menggunakan indikator DER. Para pemegang saham percaya bahwa perusahaan dapat
mengelola dan menggunakan utang untuk menghasilkan laba yang lebih tinggi sehingga nilai
perusahaan meningkat. Ukuran perusahaan dihitung menggunakan indikator ln total aset.
Banyak perusahaan besar yang cenderung mengalokasikan profit untuk memperbesar ukuran
perusahaan dengan cara ekspansi. Perusahaan besar juga akan menahan profit untuk
kemungkinan adanya peningkatan expense di masa yang akan datang, dibandingkan dengan
membaginya dalam bentuk dividen sehingga membuat investor kecewa dan dapat menurunkan
nilai perusahaan. Profitabilitas dapat dihitung menggunakan indikator ROA. Profitabilitas
yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik karena mampu menghasilkan laba
yang besar sehingga investor akan merespon positif dan nilai perusahaan akan meningkat.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial leverage,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah
seluruh perusahaan non keuangan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia
tahun 2018-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat data panel karena data
yang dikumpulkan berada dalam interval tiga tahun. Jenis data yang digunakan adalah data
sekunder yang dikumpulkan dengan teknik studi pustaka. Data yang digunakan berupa laporan
keuangan yang diakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan
yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif
dan diuji menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji statistik t, uji statistik F,
serta uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) financial leverage
berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 2) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai
perusahaan, 3) profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 4) financial leverage,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai adjusted R-squared sebesar 0,866170 dapat
diartikan bahwa variabel financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas dapat
menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 86,617%. Berdasarkan hasil penelitian,
beberapa saran yang dapat diberikan antara lain: 1) investor dan calon investor sebaiknya lebih
memperhatikan faktor financial leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas untuk melihat
pengaruhnya terhadap nilai perusahaan yang sahamnya akan dibeli, 2) perusahaan sebaiknya
lebih memperhatikan dan mempertimbangkan faktor financial leverage, ukuran perusahaan,
dan profitabilitas dalam mengambil keputusan serta mengukur kemampuan perusahaan dalam
menjalankan kegiatan operasionalnya, 3) peneliti selanjutnya diharapkan mampu menambah
variabel independen lain yang mampu memengaruhi nilai perusahaan, memperluas sampel
penelitian, menambah periode penelitian, serta meneliti industri atau sektor tertentu agar dapat
melihat konsistensi penelitian.