Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahayu, Puji Astuti
dc.contributor.author Renata, Jessica
dc.date.accessioned 2023-04-05T01:56:26Z
dc.date.available 2023-04-05T01:56:26Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42858
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14802
dc.description 24683 - FE en_US
dc.description.abstract Industri makanan dan minuman merupakan sektor yang memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi dan memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Subsektor ini telah memberikan kontribusi terbesar pada Produk Domestik Bruto nasional sejak tahun 2016. Resesi pada perekonomian Indonesia akibat pandemi covid-19 juga tidak menghalangi subsektor makanan dan minuman untuk memberikan nilai ekspor tertinggi di tahun 2020 ini. Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga telah menetapkan subsektor makanan dan minuman sebagai salah satu pioneer dalam penerapan era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Namun, sektor-sektor lain juga terus mengupayakan perkembangan guna memperoleh investor yang semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Persaingan yang ketat ini menuntut perusahaan pada subsektor makanan dan minuman untuk meningkatkan kinerja agar dapat mengundang minat investor yang berperan penting dalam pendanaan perusahaan. Ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal merupakan beberapa faktor yang mampu mempengaruhi nilai perusahaan. Perusahaan berskala besar menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang berkembang dan lebih terlatih dalam menghadapi risiko. Melalui kegiatan operasional yang dilakukan, suatu perusahaan diharapkan mampu mengelola modal dengan efektif untuk menghasilkan keuntungan dan menyalurkannya kembali kepada para investor sebagai bentuk pengembalian. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus mampu menyusun struktur modal yang optimal untuk meningkatkan minat para investor. Dengan adanya kepercayaan dan minat dari para investor, harga saham perusahaan akan meningkat, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan nilai perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. 10 perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder, diantaranya adalah laporan keuangan yang dapat diakses melalui website Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan terkait, harga saham yang dapat diakses melalui Yahoo Finance, jurnal, serta buku-buku literatur. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah hypotheticodeductive method, dengan software Eviews 12 untuk membantu pengolahan data. Data dan hipotesis yang ada akan dianalisis dengan beberapa pengujian, diantaranya adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan struktur modal secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, profitabilitas terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal secara simultan berpengaruh sebesar 54,57% terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perubahan pada nilai perusahaan dapat dijelaskan dengan cukup baik oleh ketiga variabel independen tersebut. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas penelitian dengan menggunakan indikator lain atau menambah variabel independen lain yang dianggap mampu mempengaruhi nilai perusahaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Nilai Perusahaan en_US
dc.subject Profitabilitas en_US
dc.subject Struktur Modal en_US
dc.subject Subsektor Makanan dan Minuman en_US
dc.subject Ukuran Perusahaan en_US
dc.title Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801047
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403058402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account