Analisis keberhasilan kampanye “Visit Indonesia Year” (2008 – 2010) dan “Wonderful Indonesia” (2015 – 2020) dalam membangun nation brand Indonesia di tingkat internasional

Show simple item record

dc.contributor.advisor Karman, Mireille Marcia
dc.contributor.author Purba, Raphael Zefanya
dc.date.accessioned 2022-11-08T01:59:00Z
dc.date.available 2022-11-08T01:59:00Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41572
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13584
dc.description 9938 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inisiatif Pemerintah Indonesia dalam membangun nation branding negara melalui kampanye “Visit Indonesia Year” (2008 – 2010) dan “Wonderful Indonesia” (2015 – 2020). Seiring berjalannya waktu peneliti menemukan adanya permasalahan dimana kampanye “Wonderful Indonesia” berjalan dalam kurun waktu yang lebih lama dan lebih berhasil dalam membangun nation branding negara Indonesia jika dibandingkan dengan kampanye Visit Indonesia Year. Melihat permasalahan memicu sebuah pertanyaan penelitian yang berbunyi “Bagaimana kampanye “Wonderful Indonesia” lebih berhasil dalam membangun nation branding Indonesia di kancah internasional daripada kampanye “Visit Indonesia Year” ?” Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori diplomasi publik oleh Joseph S.Nye, Hans Tuch dan Nicholas J. Cull, konsep nation branding oleh Ying Fan, konsep mengenai hubungan diplomasi publik dan nation branding oleh Szondi, Konsep Nation branding oleh Simon Anholt, dan teori Competitive Identity oleh Simon Anholt. Dari penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa kampanye “Wonderful Indonesia” lebih berhasil dalam membangun nation branding Indonesia di kancah internasional melalui strategi, substansi dan aksi simbolis yang lebih efektif dan efisien dibandingkan kampanye Visit Indonesia Year. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kampanye “Visit Indonesia Year” (2008 – 2010) en_US
dc.subject Kampanye “Wonderful Indonesia” (2015 – 2020) en_US
dc.subject Diplomasi Publik en_US
dc.subject Nation Branding en_US
dc.subject Teori Competitive Identity en_US
dc.title Analisis keberhasilan kampanye “Visit Indonesia Year” (2008 – 2010) dan “Wonderful Indonesia” (2015 – 2020) dalam membangun nation brand Indonesia di tingkat internasional en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017330129
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account