Abstract:
Pandemi COVID-19 mengubah berbagai sisi kehidupan masyarakat, salah satunya faktor ekonomi. Sebagai UMKM yang bergerak di bidang kuliner, Chicken Uing terdampak dalam pandemi COVID-19. Maka dari itu, Chicken Uing harus beradaptasi dan melakukan inovasi dalam mengatasi dampak dari pandemi COVID-19.Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan metode penelitian studi kasus, dengan cara mengambil data-data dari hasil wawancara terhadap pihak dari Chicken Uing dan observasi tempat operasional yang terjadi pada saat penelitian. Kemudian hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan Rantai Nilai Inovasi, Radar Inovasi Bisnis dan Kanvas Model Bisnis.
Hasil yang didapat dari analisa tersebut adalah strategi need seeker. Kemudian, hasil ulasan tersebut dibandingkan dengan usaha yang memiliki strategi inovasi yang serupa dengan menggunakan radar inovasi bisnis. Hasil dari perbandingan yang didapat akan berupa kekuatan yang dimiliki Chicken Uing ada pada dimensi model sedangkan kelemahannya ada pada dimensi pengalaman konsumen. Chicken Uing pun memiliki banyak kesempatan pada dimensi-dimensi lainnya.
Informasi ini kemudian menghasilkan kemungkinan inovasi untuk mengkolaborasi merek yang merupakan salah satu usaha untuk melakukan leverage merek. Rekomendasi ini dapat digunakan untuk strategi jangka panjang dengan memilih memanfaatkan kesempatan perusahaan pada dimensi merek.