Abstract:
Meningkatnya demand fasilitas kesehatan (faskes) yang didukung oleh program kerja pemerintah terkait pembenahan faskes menyebabkan banyaknya fasilitas layanan kesehatan bermunculan, Terlebih lagi munculnya layanan kesehatan berbasis online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui telepon genggam. Salah satu fasilitas kesehatan yang sudah lama eksis adalah klinik & Apotek Annisa Aulia
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah membahas strategi apa yang sudah diterapkan saat ini oleh Klinik & Apotek Annisa Aulia dalam mempertahankan posisinya di Industri Kesehatan, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan berdasarkan faktor internal dan eksternal yang sudah dianalisis dalam rangka menghadapi pemain baru yang bermunculan di Industri Kesehatan dewasa ini. Peneliti menggunakan Matriks TOWS, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengolah data yang sudah didapatkan sebelumnya.
Berdasarkan hasil analisis, saran strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah strategi pengembangan produk. Diharapkan dengan menerapkan strategi tersebut, perusahaan dapat mempertahankan dan memperkuat posisi bersaing di Industri Kesehatan.