Strategi inovasi Aruna Dine and Coffee berdasarkan analisis SWOT dan analisis Five Forces

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Valentrisa, Edhita Dhea
dc.date.accessioned 2019-11-30T04:22:01Z
dc.date.available 2019-11-30T04:22:01Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38466
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9768
dc.description 8836 - FISIP en_US
dc.description.abstract Industri kuliner saat ini sedang berkembang pesat, oleh karena itu para pengusaha kuliner akan saling bersaing satu sama lain. Ada beberapa strategi untuk dapat mengembangkan kafe agar lebih baik dari pesaing salah satunya adalah strategi inovasi. Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi ide-ide baru mengenai sebuah hal. Aruna Dine & Coffee merupakan satu perusahan yang bergerak di bidang kuliner. Penelitian dilakukan untuk mengetahui jenis inovasi yang dapat dilakukan oleh Aruna Dine & Coffee, sejauh mana inovasi yang dilakukan perusahaan dapat diterima oleh konsumen, serta strategi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan berupa metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Matriks SWOT, Analisis PEST, dan Analisis Five Forces. Diperoleh kesimpulan menurut Analisis SWOT adalah bahwa pada lingkungan internal dan eksternal Aruna Dine & Coffee saat ini kelebihan yang dimiliki perusahaan diantaranya adalah kafe yang berkonsep industrial, menawarkan pemandangan kota Bandung, menawarkan keunikan produk, bahan dasar produk kopi yang di gunakan diambil dari daerah- daerah tertentu, serta material jamur yang ditambahkan di setiap makanan untuk menambah cita rasa dan menjadi ciri khas dari Aruna. Adapun kelemahan yang dimiliki oleh Aruna Dine & Coffee yaitu menu makanan ringan yang di tawarkan masih sangat sedikit, lokasi terbilang sulit di temui, dan ruangannya tergolong kecil. Sedangkan analisis Five Forces dan analisis PEST untuk mengetahui faktor mikro yang meliputi persaingan Industri, ancaman pesaing baru, kekuatan pemasok, kekuatan pembeli, dan ancaman dari produk substitusi serta faktor makro yang meliputi Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi. Saat ini Aruna sudah melakukan inovasi melalui pemilihan biji kopi yang digunakan namun belum memaksimalkan produk yang ditawarkannya sehingga penulia memberi saran agar melakukan inovasi produk makanan yaitu steak coffee dan minuman ice coffee cube. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Inovasi en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Analisis Five Forces en_US
dc.subject Analisis PEST en_US
dc.title Strategi inovasi Aruna Dine and Coffee berdasarkan analisis SWOT dan analisis Five Forces en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320104
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account