Implementasi Corporate Social Responsibility oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. : studi kasus program kemitraan UKM Monze

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Faridhina, Rifana
dc.date.accessioned 2019-08-26T04:13:22Z
dc.date.available 2019-08-26T04:13:22Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36988
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9016
dc.description 8391 - FISIP en_US
dc.description.abstract PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Sebagai pelaku bisnis tentu saja aktivitas yang dilakukan Telkom dapat membawa dampak khususnya pada lingkungan sekitar tempat perusahaan itu berdiri. Oleh karena itu perlu adanya tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan kepada para stakeholder kepada stakeholder atau para pemangku kepentingan karena adanya dampak yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan secara langsung atau tidak langsung pada lingkungan sekitar.Dampak dari aktivitas perusahaan tersebut dapat diatasi dengan sebuah tindakan yang disebut Corporate Social Responsibility (CSR). Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) adalah salah satu bentuk implementasi CSR yang dilakukan oleh Telkom. Melalui Program Kemitraan Telkom memberikan dana bantuan pinjaman modal guna meningkatkan kemampuan kegiatan usaha kecil menengah agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari laba perusahaan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang menjadi stakeholder Telkom dan bagaimana tanggung jawab yang dilakukan serta memberi gambaran pelaksanaan CSR pada Program Kemitraan, kendala apa saja yang dihadapi dalam pelakasaan Program Kemitraan dan mengetahui manfaat yang diperoleh oleh perusahaan dan mitra binaan setelah pelaksanaan Program Kemitraan ini. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa Telkom telah menjalankan tanggung jawab kepada para stakeholder-nya yang terdiri dari supplier, distributor, customer, employee, stockholder, creditor, local community, state and local governtment, media dan general public sesuai dengan sebagaimana semstinya. Lalu Program Kemitraan yang dilakukan oleh Telkom adalah dengan memberikan dana pinjaman terhadap mitra binaan dan mengadakan program-program yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan mitra binaan melalui pembekalan materi mengenai cara berbisnis dan juga melalui event-event yang dilaksanakan oleh Telkom sudah berjalan dengan baik, walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi. Namun dengan berjalannya Program Kemitraan ini dapat membawa manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi mitra binaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Corporate Social Responsibility en_US
dc.subject Stakeholder en_US
dc.subject Program Kemitraan en_US
dc.title Implementasi Corporate Social Responsibility oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. : studi kasus program kemitraan UKM Monze en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320170
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account