Abstract:
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. adalah perusahaan Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Sebagai pelaku bisnis tentu
saja aktivitas yang dilakukan Telkom dapat membawa dampak khususnya pada
lingkungan sekitar tempat perusahaan itu berdiri. Oleh karena itu perlu adanya tanggung
jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan kepada para stakeholder kepada stakeholder
atau para pemangku kepentingan karena adanya dampak yang ditimbulkan dari aktivitas
perusahaan secara langsung atau tidak langsung pada lingkungan sekitar.Dampak dari
aktivitas perusahaan tersebut dapat diatasi dengan sebuah tindakan yang disebut
Corporate Social Responsibility (CSR). Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
(PKBL) adalah salah satu bentuk implementasi CSR yang dilakukan oleh Telkom.
Melalui Program Kemitraan Telkom memberikan dana bantuan pinjaman modal guna
meningkatkan kemampuan kegiatan usaha kecil menengah agar menjadi tangguh dan
mandiri melalui pemanfaatan dana dari laba perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan analisis
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang menjadi
stakeholder Telkom dan bagaimana tanggung jawab yang dilakukan serta memberi
gambaran pelaksanaan CSR pada Program Kemitraan, kendala apa saja yang dihadapi
dalam pelakasaan Program Kemitraan dan mengetahui manfaat yang diperoleh oleh
perusahaan dan mitra binaan setelah pelaksanaan Program Kemitraan ini.
Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa Telkom telah
menjalankan tanggung jawab kepada para stakeholder-nya yang terdiri dari supplier,
distributor, customer, employee, stockholder, creditor, local community, state and local
governtment, media dan general public sesuai dengan sebagaimana semstinya. Lalu
Program Kemitraan yang dilakukan oleh Telkom adalah dengan memberikan dana
pinjaman terhadap mitra binaan dan mengadakan program-program yang dapat
menambah wawasan dan pengetahuan mitra binaan melalui pembekalan materi mengenai
cara berbisnis dan juga melalui event-event yang dilaksanakan oleh Telkom sudah
berjalan dengan baik, walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi. Namun
dengan berjalannya Program Kemitraan ini dapat membawa manfaat baik bagi
perusahaan maupun bagi mitra binaan.