Abstract:
Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia yang semakin
meningkat pada setiap tahunnya menciptakan persaingan yang ketat untuk
mempertahankan ataupun meningkatkan pasar. PT. Fastrata Buana merupakan
salah satu perusahaan distribusi yang telah berhasil memasarkan produknya di
seluruh Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategegi yang selama ini
digunakan oleh perusahaan dan apa kekuatan, kelemahan, peluang, maupun
ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Selain ini analisis ini juga bertujuan
untuk mengetahui langkah-langkah strategis yang sebaiknya diterpakan oleh
perusahaan untuk kedepannya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Data
kemudian dianalisis menggunakan Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor
Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), dan Matriks Internal-
Eksternal (IE). Merujuk pada hasil peneletian yang dilakukan,perusahaan
disarankan untuk menggunakan strategi pengembangan pasar sebagai strategi
alternatifnya. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi
ini sehingga dapat memperkuat posisi bersaing perusahaan yang sedang
dijalaninya.