Analisis competitive strategy UMKM yang sudah online : studi kasus BAJUKUKEREN, Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Maranow, Samuel
dc.date.accessioned 2019-07-12T07:18:17Z
dc.date.available 2019-07-12T07:18:17Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36965
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8320
dc.description 8368 - FISIP en_US
dc.description.abstract Bisnis UMKM di Indonesia mulai mengalami perubahan terutama pada perubahan bentuk bisnisnya. Salah satu bukti perubahan tersebut adalah meningkatnya jumlah bisnis UMKM yang menggunakan media sosial atau aplikasi online lainnya. Perubahan tersebut perlu diimbangi dengan penggunaan strategi yang sesuai agar memiliki keunggulan bersaing yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis penggunaan competitive strategy yang memengaruhi performa bisnis UMKM yang sudah online dengan studi kasus usaha BAJUKUKEREN. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha BAJUKUKEREN untuk mengetahui competitive strategy yang digunakan dan dampaknya terhadap performa bisnis. Penelitian ini berbentuk analisis-deskriptif. Penentuan competitive strategy dilakukan dengan cara membandingkan praktik nyata yang terjadi di BAJUKUKEREN dengan teori Five Generic Competitive Strategies dalam buku Crafting & Executing Strategy: The Quest for Competitive Adventage: Concepts and Cases (2015) dan penentuan performa bisnis dilakukan dengan berfokus pada perubahan volume penjualan dan pendapatan dari harga jual pada saat sebelum dan sesudah penggunaan competitive strategy. Analisis atas hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa usaha BAJUKUKEREN menggunakan competitive strategy yaitu strategi Best-Cost Provider yang diperkuat dengan penggunaan media sosial. Penggunaan strategi tersebut memberikan dampak positif berupa peningkatan pada volume penjualan dan tingkat pendapatan dari harga jual. BAJUKUKEREN dapat mengembangkan dan menjaga kelangsungan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi media sosial untuk tetap dan terus menjaga relasi dengan konsumen sehingga, informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk pengembangan inovasi dan pemasaran produk ke depannya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Competitive Strategy en_US
dc.subject Performa bisnis en_US
dc.subject UMKM yang sudah online en_US
dc.title Analisis competitive strategy UMKM yang sudah online : studi kasus BAJUKUKEREN, Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320136
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account