Abstract:
PT 4848 dituntut untuk berkembang, hal ini didorong oleh tingginya persaingan antar bisnis jasa pengiriman barang. Perusahaan 4848 ini telah berdiri sejak 1959 dan berjaya pada masanya, namun saat ini mengalami kemunduran dikarenakan perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak melakukan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan cara untuk mewujudkan strategi revitalisasi 4848 Express dengan menggunakan SWOT Matrix.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis dan dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, studi kepustakaan, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan, dengan ditemukannya hal-hal tersebut dapat dirancang SWOT Matriks yang dapat mendukung strategi revitalisasi 4848 Express. Strategi lain yang dapat dilakukan 4848 Express dalam rangka revitalisasinya ialah strategi penetrasi pasar dan juga strategi pengembangan produk. Dengan dilakukannya strategi tersebut maka 4848 Express dapat bersaing dengan perusahaan layanan jasa pengiriman barang lain yang sejenis.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis ingin memberikan saran kepada perusahaan untuk melakukan perluasan agen ke berbagai wilayah sehingga tujuan pengiriman barang dapat lebih luas. Hal lain yang dapat dilakukan 4848 Express ialah membuat rancangan pemasaran yang baru sehingga 4848 Express dapat dikenal kembali dengan brand image yang baru.