Abstract:
Industri Fashion semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penduduk di Indonesia, sehingga banyak pesaing di industri yang sama dapat menawarkan produk kepada konsumen dan memberikan keinginan serta kepuasan untuk konsumen. Strategi merupakan pendekatan yang dilakukan Batik Fractal untuk menentukan langkah yang akan digunakan untuk mempertahankan perusahaan dan mendapatkan laba. Manajemen inovasi mencakup seperangkat alat yang memungkinkan semua orang dalam organisasi untuk bekerja sama dengan pemahaman yang sama tentang proses dan sasaran strategi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan proses dan sasaran melalui manajemen inovasi dan dapat dicapai melalui pemasaran, yaitu menerapkan strategi pemasaran dengan menganalisa efektivitas dan faktor internal maupun eksternal berdasarkan analisis SWOT. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang menghasilkan data desktiptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dengan menggunakan riset dan menekankan subjektivitas bagi individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batik Fractal menggunakan strategi fokus diferensiasi dan biaya terbaik dengan menggunakan software Jbatik. Batik Fractal mampu mempertahankan posisi perusahaan peringkat 24.397.270 di dunia, 1.048.817 di Indonesia, dan 127.373 pada kategori pakaian pada bulan Desember 2017.