Evaluasi strategi Blue Ocean pada PT. Global Kriya Nusantara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Rahayu, Hanifah Hasna
dc.date.accessioned 2019-06-24T05:40:59Z
dc.date.available 2019-06-24T05:40:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36963
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8202
dc.description 8366 - FISIP en_US
dc.description.abstract Saat ini Ekonomi Kreatif berkembang sangat pesat karena dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian suatu negara. Perkembangan ekonomi kreatif ini dijadikan peluang bagi pelaku industri untuk mengembangkan usahanya, terutama dalam hal menghasilkan produk kreatif. Hal ini membuat sektor industri kreatif menjadi menarik untuk digeluti, dan membuatnya menjadi sektor industri dengan persaingan ketat. Untuk itu, para pelaku industri perlu menentukan strategi bisnis yang tepat untuk menjalankan usahanya agar mampu bertahan menghadapi persaingan tersebut. Salah satunya adalah strategi Blue Ocean. PT. Global Kriya Nusantara (PT. GKN) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor industri kreatif dengan mengaplikasikan strategi Blue Ocean dalam menjalankan usahanya sejak tahun 2006. Pendekatan studi yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuktikan apakah strategi bisnis yang diterapkan PT. GKN sudah sesuai dengan standar strategi Blue Ocean atau belum, mengevaluasi keefektifan strategi tersebut, dan untuk mengetahui hambatan dan tantangan apa saja yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan strateginya serta memberikan solusi terhadap hambatan tersebut. Upaya pembuktian dilakukan dengan membandingkan strategi PT. GKN dengan 25 unsur pokok strategi Blue Ocean. Perusahaan disimpulkan mengimplementasikan strategi Blue Ocean jika tingkat kesamaan antara keduanya menunjukan nilai minimal 90%. Sedangkan untuk mengevaluasi efektivitas dari strategi tersebut penulis menggunakan nilai volume penjualan dari tahun 2015 – 2017. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perusahaan sudah mengimplementasikan strategi Blue Ocean dengan baik, dan menjadikan keunggulan desain sebagai wujud dari strategi tersebut. Strategi ini juga terbukti efektif karena mampu meningkatkan volume penjualan. Adapun hambatan yang dihadapi perusahaan adalah banyaknya pesaing yang meniru produknya. Untuk itu, PT. GKN harus terus melakukan inovasi pada produknya agar dapat terus mengungguli para pesaingnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Blue Ocean Strategy en_US
dc.subject Industri kreatif en_US
dc.subject Inovasi en_US
dc.title Evaluasi strategi Blue Ocean pada PT. Global Kriya Nusantara en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320015
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account