Abstract:
Masalah utama yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai strategi pengembangan yang dilakukan oleh CV Missouri dalam membantu manajemen menjalankan usahanya. Yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana perusahaan CV Missouri menerapkan strategi pengembangan sampai pencapaian perusahaan dan mampu bersaing dengan pesaingnya. Seperti pengembangan produk, pengembangan pasar, serta penetrasi pasar.
Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan metode deskriptif dan didukung dengan dengan sumber data berupa data primer dan data sekunder, sehingga dapat diperoleh informasi yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman dari perusahan. Teknik pengumpulan analisis dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mengetahui informasi yang akan dibahas penulis. Bagi teknik analisis data yang gunakan adalah dengan analisis SWOT, analisis internal dan eksternal, matrik SWOT, Matrik IE, Martik IFE dan EFE serta Matrik QSPM sehingga dapat merumuskan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki posisi eksternal maupun internal yang baik, sehingga mampu memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada dengan mengoptimalkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan yang dimilikinya. Matrik IE menunjukkan posisi perusahaan yang berada pada kuadran IV (Grow and Build), artinya, strategi yang diusulkan ialah melakukan pengembangan produk, pengembagan pasar dan penetrasi pasar.
Berdasarkan hasil analisis QSPM yang dilakukan dengan membandingkan masing-masing alternatif strategi yang diperoleh dari analisis SWOT yang telah dilakukan, maka strategi yang tepat untuk digunakan adalah strategi pengembangan produk dengan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki.