Abstract:
Membangun citra positif perusahaan sangat penting dilakukan untuk mendapatkan dukungan bukan hanya dari konsumen tetapi juga segala pemangku kepentingan perusahaan. Salah satu upaya untuk mendapatkan citra positif adalah penyampaian Corporate Social Responsibility (CSR). Upaya ini harus terlihat dan dapat menjadi bagian dari kegiatan promosi untuk mendapatkan citra positif dengan memberikan perhatian kepada masyarakat.
PT XL Axiata Tbk, penyedia layanan telekomunikasi Indonesia telah menyampaikan (CSR) dalam beberapa aspek kehidupan sosial. Hal ini juga tercermin melalui aktifitas bisnis dan produknya. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap kegiata (CSR) yang dilakukan oleh PT. XL Axiata dan apakah kegiatan (CSR) berdampak pada Brand Image perusahaan.
Observasi dan pra-penelitian dilakukan untuk mengetahui kegiatan Corporate Social Responsibility yang telah disampaikan oleh PT. XL Axiata.
Dalam penelitian ini, aspek (CSR) yang akan diukur adalah orientasi terhadap konsumen, lingkungan, komunitas, ekonomi dan tanggung jawab yang ditunjukan oleh karyawannya. Brand Image diukur berdasarkan dimensi symbolic Image, experiental image, dan functional image. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui apakah kegiatan (CSR) mempengaruhi Brand Image.
Kuesioner dibagikan kepada 100 responden, dan hasilnya menunjukan bahwa ada dampak signifikan dan positif dari kegiatan (CSR) terhadap Brand Image di mana (CSR) berkontribusi 50,1% terhadap Brand Image. Uji parsial juga menunjukan bahwa setiap kegiatan (CSR) juga memiliki kolerasi yang signifikan dan positif terhadap Brand Image.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan (CSR) yang disampaikan oleh PT. XL Axiata telah menuju arah yang baik karena dapat mengarah pada Brand Image yang lebih baik. Perusahaan harus tetap memberikan perhatian kepada semua aspek masyarakat karena citra positif dapat mengarah pada bisnis yang lebih baik.