Abstract:
Persaingan di dalam Industri telekomunikasi di Indonesia menghadapi tingkat persaingan yang ketat. Karenanya setiap operator seluler dituntut untuk memiliki jaringan sinyal yang kuat, stabil dan jangkauan area yang luas agar dapat bersaing dengan kompetitor. Banyaknya populasi masyarakat Indonesia membuat perusahaan operator seluler bersaing untuk mendapatkan keuntungan dengan inovasi yang dilakukan masing-masing perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi kedua perusahaan berdasarkan aspek keuangan, pemasaran dan teknologi informasi dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, dimana pengumpulan data menggunakan data sekunder terhadap Telkom dan Indosat adalah cara yang ditempuh untuk mengetahui segala informasi yang dibutuhkan peneliti dalam menganalisa aspek-aspek tersebut kemudian dipetakan berdasarkan beberapa alat analisis. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan analisis CPM.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan alat analisis (CPM) Competitive Profile Matrix, harga dan kualitas sinyal yang kuat menjadi faktor penentu keputusan konsumen untuk memilih atau berpindah operator seluler dengan begitu harga yang relatif murah dan mendapatkan sinyal yang kuat dapat menjadi pertimbangan kedua operator dapat memberikan keunggulan bersaing.