Analisis pengaruh Corporate Governance Perception Index, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan publik peserta CGPI periode 2012-2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Amelia
dc.contributor.author Pehulisa, Agnes
dc.date.accessioned 2018-10-26T04:07:27Z
dc.date.available 2018-10-26T04:07:27Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36216
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7073
dc.description 23117 - FE en_US
dc.description.abstract Nilai perusahaan merupakan aspek penting bagi banyak pihak seperti investor maupun pihak manajemen atau pengelola perusahaan itu sendiri. Pasalnya, nilai perusahaan merupakan cerminan dari kepercayaan publik atas kinerja perusahaan melihat keefektifan dan keefisiensian perusahaan terkait. Bagi investor, perusahaan dengan nilai yang baik menimbulkan ketertarikan untuk menjadi lahan berinvestasi. Sedangkan bagi manajemen, nilai perusahaan dijadikan sebagai penilaian atau feedback atas efektifitas dan efisiensi dari kegiatan operasionalnya. Melihat tingkat kepentingan nilai perusahaan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait nilai suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Governance Perception Index (CGPI), umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu CGPI, umur perusahaan, dan profitabilitas serta satu variabel terikat yaitu nilai perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, CGPI dan umur perusahaan diteliti dengan menggunakan data yang didapatkan dari laporan keuangan serta laporan kinerja perusahaan. Sedangkan profitabilitas diteliti dengan menggunakan Return On Asset (ROA) sebagai indikatornya dan nilai perusahaan menggunakan Price to Book Value (PBV) sebagai indikatornya. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Dari proses pemilihan sampel, didapatkan sembilan perusahaan publik yang memenuhi kriteria menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal atau hubungan sebab-akibat dengan metode analisis pengujian hipotesis. Penelitian dilakukan secara statistik menggunakan software IBM SPSS Statictics 20.0. Statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), dan analisis regresi linier berganda (uji-t, uji-F, koefeisien determinasi) merupakan analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Corporate Governance Perception Index dan umur perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, Corporate Governance Perception Index, umur perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel bebas dalam penelitian berkontribusi sebesar 11.7% dalam menjelaskan variabel terikatnya. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Corporate Governance Perception Index en_US
dc.subject CGPI en_US
dc.subject umur perusahaan en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject nilai perusahaan en_US
dc.title Analisis pengaruh Corporate Governance Perception Index, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan publik peserta CGPI periode 2012-2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014130042
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0422087701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account