Abstract:
Pertumbuhan industri kuliner, salah satunya coffee shop, berkembang dengan sangat cepat. Mulai dari tahun 2015, coffee shop di Bandung mulai bermunculan. Dengan banyaknya coffee shop di Bandung, masing-masing coffee shop harus memiliki keunggulan dan perbedaan masing-masing untuk menarik minat para konsumen. Salah satu cara pemasaran yang efektif adalah electronic word of mouth. Di zaman yang modern ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Armor Kopi Leuit menggunakan strategi pemasaran electronic word of mouth yang memudahkan pihak perusahaan memasarkan produk kepada konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara electronic word of mouth dengan minat beli konsumen pada Armor Kopi Leuit Bandung. Jenis penelitian ini adalah hypothesis testing dengan menggunakan correlational study dan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 160 responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi Spearman Rank dan uji hipotesis atau uji T.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan minat beli konsumen di Armor Kopi Leuit Bandung berada pada kategori tinggi, dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara electronic word of mouth dan minat beli konsumen pada Armor Kopi Leuit Bandung yaitu sebesar 0,557**. Hal tersebut memberikan pengertian bahwa kedua variabel tersebut bersifat searah, dimana semakin tinggi pemakaian electronic word of mouth semakin tinggi pula minat beli konsumen Armor Kopi Leuit Bandung.