Abstract:
Kemajuan bidang teknologi telah memicu pelaku bisnis untuk memanfaatkannya untuk beberapa tujuan alat marketing. Media sosial, salah satu perkembangan teknologi telah membawa kesempatan bagi bisnis online seperti yang telah dilakukan oleh Smith, perusahaan yang menyediakan produk perawatan pria.
Sebagai sebuah bisnis online, Smith sangat bergantung pada kegiatan media sosial untuk membantu marketingnya. Instagram telah digunakan secara luas sebagai salah satu media sosial untuk menyebarkan informasi tentang produknya. Dengan Instagram, informasi dapat dibagikan oleh para pengguna kepada pengguna lain, yang kemudian diketahui sebagai electric word of mouth (e-WOM).
Penelitian ini mencoba untuk mencari tahu aktivitas e-WOM seperti apa yang telah dilakukan oleh followers @leaveittosmith dan apakah e-WOM mempengaruhi minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui survei dengan membagikan 100 kuesioner kepada followers @leaveittosmith dan respon tersebut diolah secara kuantitatif.
Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-WOM dan Minat Beli. Sangat dianjurkan kepada perusahaan untuk meningkatkan promosi dan interaksi dan membuat konten yang lebih menarik untuk meningkatkan minat beli followers.