Analisis yuridis perlindungan konsumen pengguna jasa hotel bintang 3 (tiga) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmanto, Aluisius Dwi
dc.contributor.author Angelica, Selvia
dc.date.accessioned 2024-11-06T03:52:28Z
dc.date.available 2024-11-06T03:52:28Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46464
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19319
dc.description 5538 - FH en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan bagi konsumen hotel bintang 3 (tiga) dan tanggung jawab pelaku usaha hotel bintang 3 (tiga) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen atau UUPK. Konsumen hotel bintang 3 (tiga) merupakan pihak yang menerima jasa yang disediakan oleh pelaku usaha hotel bintang 3 (tiga), sehingga apabila dalam prosesnya konsumen dirugikan pelaku usaha harus memberikan pertanggungjawaban. Penelitian ini pun menganalisis mengenai perlindungan konsumen atau upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen dalam rangka pemenuhan haknya yang dirugikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen atau UUPK. Dalam melaksanakan penelitian ini, digunakannya metode penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan menelaah teori, konsep, asas, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam penelitian ini digunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang berkaitan untuk menghasilkan jawaban akhir dan analisis mengenai permasalahan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah perlindungan bagi konsumen hotel bintang 3 (tiga) yang dirugikan dapat dilakukan dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen atau UUPK. Melalui peraturan tersebut dapat dipahami bahwa konsumen hotel bintang 3 (tiga) mendapatkan perlindungan dengan melakukan upaya non litigasi atau litigasi dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject PERLINDUNGAN KONSUMEN en_US
dc.subject PEMILIK HOTEL BINTANG 3 (TIGA) en_US
dc.subject TAMU HOEL BINTANG 3 (TIGA) en_US
dc.subject STANDAR USAHA HOTEL BINTANG 3 (TIGA) en_US
dc.title Analisis yuridis perlindungan konsumen pengguna jasa hotel bintang 3 (tiga) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6052001213
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account