Abstract:
Industri sepeda motor di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu perusahaan dalam industri ini adalah CV. Bintang Rejeki Trijaya, dealer resmi Yamaha yang mendistribusikan sepeda motor dan suku cadang Yamaha dari Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah stres kerja dapat memediasi hubungan antara beban kerja dan kepuasan kerja. Penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 karyawan divisi penjualan CV. Bintang Rejeki Trijaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling. Sampel yang dipilih adalah karyawan yang bekerja di divisi penjualan CV. Bintang Rejeki Trijaya dan telah melewati masa percobaan (3 bulan). Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan model Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja, dan stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Selain itu, terdapat pengaruh tidak langsung beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan divisi penjualan CV. Bintang Rejeki Trijaya.