Perlindungan konsumen atas jasa transportasi Light Rail Transit (LRT) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmanto, Aluisius Dwi
dc.contributor.author Azzahra, Rayna Tasha
dc.date.accessioned 2024-10-15T07:04:52Z
dc.date.available 2024-10-15T07:04:52Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45900
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19037
dc.description 5405 - FH en_US
dc.description.abstract Perkembangan pesat Indonesia sebagai negara berkembang menuju status negara maju menghadirkan berbagai tantangan, terutama dalam sektor transportasi di perkotaan. Transportasi darat, termasuk Light Rail Transit (LRT), menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan mobilitas dan mengurangi kemacetan. Meskipun Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah mengatur hak-hak konsumen secara jelas, dalam konteks transportasi publik seperti LRT masih menghadapi tantangan yang signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara harapan akan pelayanan yang aman, nyaman, dan terjangkau dengan realitas operasional LRT di Jabodebek. Gangguan teknis seperti kerusakan pada pintu kereta, masalah pada gardu listrik, dan kekurangan petugas di stasiun menimbulkan risiko bagi keselamatan dan kenyamanan konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah hukum yang muncul, terutama terkait dengan perlindungan konsumen dalam penggunaan LRT. Berdasarkan pemaparan di atas, dalam menjawab penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan menelaah teori, konsep, asas, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga penulis mengumpulkan berbagai macam data seperti bahan hukum pimer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tertier yang relevan untuk menghasilkan kesimpulan dan analisis dalam mengatasi permasalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah perlunya perbaikan dalam kebijakan dan praktik pengelolaan transportasi publik untuk memastikan perlindungan konsumen yang lebih baik, serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi dalam UUPK di sektor transportasi, tetapi juga menawarkan rekomendasi untuk perbaikan sistem dalam rangka meningkatkan perlindungan dan keamanan konsumen dalam penggunaan LRT di Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject KONSUMEN en_US
dc.subject TRANSPORTASI PUBLIK en_US
dc.subject PELAKU USAHA en_US
dc.subject UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN en_US
dc.subject STANDAR PELAYANAN en_US
dc.title Perlindungan konsumen atas jasa transportasi Light Rail Transit (LRT) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6051801103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424096804
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account