Abstract:
FB & CO merupakan bisnis yang berada pada industri makanan dan minuman yang telah berdiri sejak tahun 2017 di Bandung. FB & CO menawarkan produk makanan dan juga minuman yang sebagian besarnya merupakan hidangan khas nusantara. Berdasarkan hasil wawancara terhadap salah satu karyawan FB & CO, pada awal pembukaannya pada tahun 2017, FB & CO sempat ramai dikunjungi oleh masyarakat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu pengunjung yang datang semakin berkurang dan tidak sebanyak pada saat pertama kali dibuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen atas product quality dan social media marketing terhadap niat beli ulang konsumen di FB & CO Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatory research. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara kepada salah satu karyawan FB & CO dan juga menyebar kuesioner kepada 121 responden dengan kriteria pernah datang dan membeli produk FB & CO sebanyak minimal satu kali, serta dilakukannya observasi dan studi kepustakaan (internet, jurnal, artikel, dan buku) sebagai acuan untuk mendukung teori yang berkaitan dengan penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah semua orang yang pernah datang dan mengonsumsi produk FB & CO minimal satu kali. Sample pada penelitian ini adalah sebanyak 121 responden dengan kriteria pernah datang dan membeli produk FB & CO minimal satu kali. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel product quality (X1) dan social media marketing (X2) terhadap variabel niat beli ulang (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen atas product quality di FB & CO kurang baik atau belum memenuhi selera konsumen. Kemudian persepsi konsumen atas social media marketing di FB & CO sudah baik. Persepsi konsumen atas product quality dan social media marketing secara simultan atau bersamaan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen di FB & CO Bandung.