Abstract:
Dalam setiap perusahaan menginginkan perkembangan dan pendapatan demi
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan tersebut dapat dicapai
melalui pemasaran. Hal ini dilakukan dengan menerapkan strategi pemasaran dengan
menganalisa dari faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini
dilakukan pada perusahaan Pintu Kreatif yang bergerak di industri event organizer atau
EO. Pintu Kreatif telah berhasil mempertahankan usahanya walau dilanda dengan
kebijakan pemerintah tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang
membuat aktivitas bisnisnya tidak dapat terlaksana. Maka dengan itu penulis tertarik
untuk mengetahui strategi apa saja yang sudah diterapkan oleh Pintu Kreatif selama ini
dan bagaimana faktor internal dan eksternal dari perusahaan Pintu Kreatif, serta strategi
apa yang paling efektif untuk perusahaan tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan analisa
data kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan wawancara oleh
Founder dari perusahaan Pintu Kreatif yang menjadi kunci informan penulis, lalu
observasi dan dokumentasi yang kemudian data-data tersebut akan dianalisis dengan
menggunakan analisis Porter Five Forces dan PESTEL untuk melihat dari lingkungan
eksternal. Kemudian penulis menggunakan analisis SWOT dan Matriks SWOT untuk
melihat faktor dari internal perusahaan.
Dalam penelitian ini ditemukan strategi yang dilakukan Pintu Kreatif yaitu
tetap menjaga kualitas dari hasil jasa tersebut dan juga memanfaatkan teknologi yang
terus berkembang sehingga Pintu Kreatif tetap bisa beradaptasi dengan industry yang
terus berkembang. Dalam penelitian ini, analisis SWOT telah melahirkan strategi baru
untuk pemasaran perusahaan Pintu Kreatif