Abstract:
Perkembangan industri fesyen masa kini semakin meningkat, khususnya di Indonesia. Perkembangan teknologi yang membuat para pelaku usaha dari skala kecil hingga skala perusahaan, mau tidak mau untuk mengikuti perkembangan yang ada. PT. X sebagai perusahaan manufaktur dengan pasar sasaran B2B sebagai penyedia bahan denim memerlukan metode pemasaran yang tepat, khususnya dalam hal bauran promosi untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini, yakni mengetahui pengaruh bauran promosi PT. X terhadap keputusan pembelian sudah berjalan.
Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Peneliti sudah mendapatkan 101 responden yang pernah melakukan pembelian dalam jangka waktu 2019-2021, memiliki jenis usaha menengah ke bawah, dan memiliki jabatan yang menentukan suatu pembelian. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan variabel bauran promosi tidak berpengaruh signifikan meskipun memiliki nilai uji regresi linear berganda yang positif. Dalam hal ini sebaiknya perusahaan sebaiknya melakukan evaluasi terkait kinerja dan prosedur yang perlu diperbaiki. Perusahaan sebaiknya mencoba promosi pemasaran, dikarenakan dapat menguntungkan mitra/PT. X yang bekerjasama dalam jangka panjang dan membuat pelanggan lebih loyal.