Abstract:
Cremelzo sebagai salah satu UMKM yang berjalan di tengah masa pandemi Covid-19
menghadapi kendala dan persaingan di era pandemi. Cremelzo merupakan usaha yang
bergerak di bidang pembuatan kue sejak tahun 2020. Perkembangan industri teknologi
memiliki berbagai dampak pada kegiatan bisnis, hal ini menjadi tantangan bagi masyarakat
terutama di Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Industri
teknologi memiliki peran penting dalam membantu bisnis semakin berkembang. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing Cremelzo sehingga dapat bertahan untuk
waktu yang lama dan mendapatkan hasil analisis internal dan eksternal Cremelzo serta
memberikan rancangan strategi untuk jangka 6 bulan ke depan.
SWOT, PESTEL, dan Five Forces digunakan untuk menganalisis lingkungan internal
dan eksternal. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan metode penelitian berupa
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer
berupa opini dari wawancara langsung dengan penjual Cremelzo dan data sekunder berupa
dokumen-dokumen dan foto dari internet.
Setelah menganalisis faktor internal dan eksternal, strategi bersaing yang paling tepat
untuk Cremelzo adalah “Best Value Focus”. Produk yang ditawarkan Cremelzo merupakan
hasil olahan dari bahan – bahan yang berkualitas dan memiliki ciri khas yaitu: tidak
menggunakan perasa sintesis melainkan dari buah segar. Kunci kelezatannya terletak pada
wipped cream berkualitas tinggi sehingga Cremelzo memiliki harga yang cukup mahal
dibandin pesaingnya dan target pasar yang dituju adalah menengah ke atas.
Cremelzo adalah melakukan branding dengan cara endorsement melalui food vlogger
yang audiencenya menengah ke atas. Selain itu, Cremelzo perlu mengoptimalkan konsep
omnichannel sebagai saluran distribusi penjualan serta terus meningkatkan pelayanan untuk
memperoleh kepuasan pelanggan