Analisis strategi inovasi produk ISOOS Studios di masa pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.advisor Talim, Margaretha Banowati
dc.contributor.author Elvira, Eva
dc.date.accessioned 2023-08-10T01:36:57Z
dc.date.available 2023-08-10T01:36:57Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43263
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15700
dc.description 10132 - FISIP en_US
dc.description.abstract ISOOS Studios merupakan sebuah perusahaan dalam industri Fashion & Apparel yang berdiri sejak awal masa pandemi pada tahun 2020. Adanya regulasi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui PSBB dan PPKM mempengaruhi penurunan pendapatan pada aspek keuangan ISOOS Studios. Hal tersebut membuat perusahaan dituntut untuk menciptakan sebuah strategi agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat pada sektor bisnis fashion. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis strategi inovasi yang perusahaan gunakan di masa pandemi Covid-19. Penggunaan analisis lingkungan dan eksternal membantu perusahaan untuk mengetahui strategi apa yang paling efektif dan dapat dikembangkan perusahaan pada saat ini. Penelitian ini menggunakan analisis PESTEL dan Porter’s Five Force untuk menganalisis pengaruh lingkungan mikro dan makro perusahaan. Kemudian peneliti menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal untuk memperoleh rancangan strategi alternatif untuk perusahaan terapkan. Hasil analisis tersebut dituangkan ke dalam Innovation Canvas yang dapat mempengaruhi praktik perusahaan dalam merancang desain inovasi produk. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan mengutamakan strategi inovasi produk dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada di sekitar perusahaan yaitu pemanfaatan perkembangan teknologi digital dan informasi. Diperoleh kesimpulan bahwa ISOOS Studios memiliki keunggulan pada keberagaman jenis produk yang ditawarkan, desain produk dan bahan dasar produk yang unik, serta citra eksklusif brand terhadap jumlah produksi pakaian yang terbatas. Sementara kelemahan yang dimilikinya yaitu belum memiliki official offline store dan website perusahaan sebagai properti pribadi yang dapat memperkuat konsep brand image agar memenangkan persaingan dengan munculnya produk sejenis yang diciptakan pesaing baru di masa pandemi Covid- 19. Sedangkan hasil Innovation Canvas menunjukkan bahwa strategi pengembangan desain produk yang dilakukan ISOOS Studios efektif dalam memenuhi permintaan pelanggan yang selektif dalam memilih produk di masa pandemi Covid-19. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject PESTEL en_US
dc.subject Strategi Inovasi en_US
dc.subject Fashion & Apparel en_US
dc.subject Innovation Canvas en_US
dc.title Analisis strategi inovasi produk ISOOS Studios di masa pandemi Covid-19 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801140
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423116401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account