Analisis strategi bersaing PT. Sinar Cita Lestari sebagai Perusahaan Bongkar Muat (PBM) muatan Crude Palm Oil

Show simple item record

dc.contributor.advisor Talim, Margaretha Banowati
dc.contributor.author Galamba, Meishella Deviana
dc.date.accessioned 2023-08-09T07:45:42Z
dc.date.available 2023-08-09T07:45:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43261
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15697
dc.description 10130 - FISIP en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara kepulauan, yang dimana proses distribusi suatu barang maupun jasa dapat dilakukan melalui transportasi darat, udara dan salah satunya adalah melalui laut. Proses distribusi melalui transportasi laut yaitu menggunakan kapal laut, dan proses ini selalu dilakukan melalui dermaga atau pelabuhan. Dalam melakukan kegiatan pendistribusian melalui tranportasi kapal laut, adanya kegiatan yang disebut kegiatan bongkar muat, kegiatan ini dilakukan sebagai proses pemindahan muatan dari kapal laut. Muatan kapal terdiri dari banyak jenis, salah satunya adalah curah cair crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit. Dalam proses mengangkut muatan CPO ini, diperlukan layanan jasa bongkar muat khusu untuk muatan CPO Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal PT Sinar Citra Lestari, untuk mengetahui penerapan strategi bersaing dan apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada PT Sinar Citra Lestari, untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan strategi yang diterapkan PT Sinar Citra Lestari, dan untuk menghasilkan rancangan strategi yang dapat digunakan oleh PT Sinar Citra Lestari. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis PESTLE, Analisis SWOT, SWOT Matrix, Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks IE (Internal Eksternal) sebagai alat untuk mengolah data yang sudah didapatkan sebelumnya. Dari hasil analisis yang didapat oleh penulis, strategi yang diterapkan oleh perusahaan saat ini sudah cukup baik yaitu dengan terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga menciptakan loyalitas konsumen, serta saran strategi yang dapat diterapkan oleh PT Sinar Citra Lestari adalah melakukan pengembangan produk dengan mengambil order layanan jasa turunan CPO seperti bahan bakar atau solar, melakukan kerjasama dengan perusahaan EMKL untuk meningkatkan pendapatan serta melakukan beberapa evaluasi terhadap organisasi di internal perusahaan agar perusahaan bisa bersaing dengan adanya ancaman pendatang baru. Penulis mengharapkan bahwa hasil analisis yang dilakukan terhadap PT Sinar Citra Lestari ini, perusahaan dapat bertahan dan menjadi lebih kuat di posisinya saat ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject matriks SWOT en_US
dc.subject ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL en_US
dc.subject ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL en_US
dc.subject PESTLE en_US
dc.subject Analisis IFAS EFAS en_US
dc.subject Matriks Internal Eksternal (IE) en_US
dc.title Analisis strategi bersaing PT. Sinar Cita Lestari sebagai Perusahaan Bongkar Muat (PBM) muatan Crude Palm Oil en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801127
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423116401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account