Abstract:
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh para pengusaha. Dengan adanya perkembangan zaman membuat bisnis kuliner bukan sebagai kebutuhan sehari-hari melainkan sebagai gaya hidup. Saat ini Kota Bandung dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki destinasi wisata kuliner. Rumah Makan Sedap Purwakarta merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan Chinese food di Kota Bandung yang terkenal sebagai rumah makan legendaris. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus pada perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis lingkungan internal yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sumber daya manusia (SDM), analisis lingkungan eksternal yaitu Porter’s Five Forces dan PESTLE, rancangan strategis yaitu analisis SWOT dan Matriks SWOT, dan balanced scorecard yaitu keuangan, konsumen, proses internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh rumah makan adalah low cost leadership strategy. Penggunaan strategi tersebut tebilang cukup efektif namun dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat maka rumah makan membutuhkan strategi yang lebih efektif. Strategi yang dapat diimplementasikan kedepannya yaitu Strategi nilai terbaik (Best Value). Melalui strategi tersebut, Rumah Makan Sedap Purwakarta dapat memperkuat usahanya dalam persaingan dengan menawarkan produk makanan yang berkualitas namun dengan harga yang lebih rendah dan memberikan pelayanan yang terbaik.