Abstract:
Pertumbuhan kedai kopi terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebuah kedai kopi harus memiliki keunikan yang membedakan suatu bisnis dengan bisnis lainnya. Satu hal yang dapat membedakan adalah citra merek. Citra merek merupakan strategi pemasaran yang dapat dilakukan baik secara konvensional maupun digital.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek di media sosial dibandingkan citra merek konvensional terhadap loyalitas pelanggan Critoe Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan variabel bebas citra merek (X1), media sosial (X2), dan variabel terikat loyalitas pelanggan (Y). Berdasarkan hasil dan juga pembahasan penelitian, pengaruh Variabel Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan secara parsial berpengaruh positif sedangkan media sosial secara parsial berpengaruh negatif karena upaya Critoe Coffee belum maksimal dalam hal Loyalitas Pelanggan. Setelah menganalisis hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi kepada Critoe Coffee untuk dapat mempertahankan citra merek konvensional dan memperkuat citra merek digital dengan menggunakan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan merek dan memperhatikan pasar sasaran jika ingin menciptakan loyalitas pelanggan.