Rancangan strategi bersaing bisnis Fashion Online Clarini.co

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Goenawan, Jenifer
dc.date.accessioned 2023-08-07T07:12:12Z
dc.date.available 2023-08-07T07:12:12Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43245
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15680
dc.description 10114 - FISIP en_US
dc.description.abstract Masa pandemi Covid-19 yang terjadi mempengaruhi berbagai sektor perekonomian termasuk di dalamnya industri fashion yang terdiri dari perusahaan manufaktur, toko pakaian, dll. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat membuat seluruh pusat perbelanjaan termasuk toko yang menjual produk fashion harus tutup untuk sementara waktu guna mencegah penularan virus Covid-19. Clarini melihat peluang di masa pandemi masyarakat cenderung memiliki kebiasaan baru untuk berbelanja online. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja sehingga konsumen dapat merasa lebih aman, efektif, dan efisien untuk berbelanja kebutuhan di masa pandemi. Clarini merupakan sebuah bisnis online produk fashion khususnya pakaian wanita yang didirikan di tengah masa pandemi. Baru berdiri selama 1 tahun sampai saat ini perusahaan belum memiliki strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan rancangan strategi bersaing Clarini.Co. Penelitian bersifat deskriptif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, yang berfokus untuk merancang strategi bersaing bagi Clarini.co. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 2 cara yaitu wawancara dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti merancangkan strategi bersaing Clarini.co menggunakan tools Value Chain, PESTEL, 5 forces, dan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa, strategi bersaing yang sebaiknya diimplementasikan oleh Clarini dalam menghadapi persaingan adalah Best Cost Provider. Hal tersebut dikarenakan melihat karakteristik dari perusahaan yang memungkinkan untuk menjual produk yang menawarkan harga murah dengan produk yang unik. Serta melihat dari target pasar Clarini yang sadar akan keunggulan produk. Peneliti mengusulkan beberapa rekomendasi untuk mempertahankan posisinya dalam industri. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject strategi bersaing en_US
dc.subject best cost provider en_US
dc.subject Bisnis Online en_US
dc.subject Industri Fashion en_US
dc.title Rancangan strategi bersaing bisnis Fashion Online Clarini.co en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801063
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account