Abstract:
Masa pandemi Covid-19 yang terjadi mempengaruhi berbagai sektor perekonomian termasuk di dalamnya industri fashion yang terdiri dari perusahaan manufaktur, toko pakaian, dll. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat membuat seluruh pusat perbelanjaan termasuk toko yang menjual produk fashion harus tutup untuk sementara waktu guna mencegah penularan virus Covid-19. Clarini melihat peluang di masa pandemi masyarakat cenderung memiliki kebiasaan baru untuk berbelanja online. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja sehingga konsumen dapat merasa lebih aman, efektif, dan efisien untuk berbelanja kebutuhan di masa pandemi. Clarini merupakan sebuah bisnis online produk fashion khususnya pakaian wanita yang didirikan di tengah masa pandemi. Baru berdiri selama 1 tahun sampai saat ini perusahaan belum memiliki strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan rancangan strategi bersaing Clarini.Co.
Penelitian bersifat deskriptif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, yang berfokus untuk merancang strategi bersaing bagi Clarini.co. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 2 cara yaitu wawancara dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti merancangkan strategi bersaing Clarini.co menggunakan tools Value Chain, PESTEL, 5 forces, dan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa, strategi bersaing yang sebaiknya diimplementasikan oleh Clarini dalam menghadapi persaingan adalah Best Cost Provider. Hal tersebut dikarenakan melihat karakteristik dari perusahaan yang memungkinkan untuk menjual produk yang menawarkan harga murah dengan produk yang unik. Serta melihat dari target pasar Clarini yang sadar akan keunggulan produk. Peneliti mengusulkan beberapa rekomendasi untuk mempertahankan posisinya dalam industri.