Evaluasi strategi bersaing PIPINOS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sadeli, Dian
dc.contributor.author Sukmadja, Gina Maria
dc.date.accessioned 2023-08-07T06:18:16Z
dc.date.available 2023-08-07T06:18:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43276
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15678
dc.description 10145 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia semakin meningkat. Berbagai macam merek dan inovasi yang dilakukan membuat persaingan semakin ketat. PIPINOS merupakan sebuah bisnis bakery yang didirikan tahun 2018. PIPINOS menawarkan berbagai macam produk seperti cookies, kue, pastry dan roti. Dalam menghadapi persaingan industri yang ketat tersebut, dibutuhkan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi diferensiasi PIPINOS yang telah diterapkan selama ini. Penelitian dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Lingkungan internal dianalisis melalui fungsi pemasaran, keuangan, operasional dan sumber daya manusia. Sedangkan lingkungan eksternal dianalisis dengan PESTEL dan Porter’s Five Forces. Analisis internal dan eksternal ini, kemudian dipadukan ke dalam analisis SWOT matriks dan Balance scorecard. Kemudian dievaluasi mengenai strategi yang diterapkan selama ini, jika masih efektif maka dapat terus dijalankan. Tetapi jika belum efektif maka akan diberikan rekomendasi strategi bersaing baru untuk perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi fokus nilai terbaik (Best Value Focus) yang digunakan PIPINOS selama ini belum cukup efektif. Karena perusahaan terlalu fokus pada penerapan diferensiasi luar perusahaan. Pengelolaan manajemen dan produk yang ditawarkan belum bisa menjadi suatu keunggulan bagi perusahaan dalam persaingan yang ada. Berdasarkan analisis SWOT matriks dan Balance scorecard peneliti menyarankan Focused Differentiation Strategy, agar perusahaan lebih fokus kepada produk unggulan yang dapat ditawarkan dan bisa mendapatkan segmen pasar baru. Sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan di bidang industri makanan dan minuman yang ada. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject BALANCE SCORECARD en_US
dc.subject EFEKTIVITAS en_US
dc.subject matriks SWOT en_US
dc.subject strategi bersaing en_US
dc.subject Analisis Internal & Eksternal en_US
dc.subject Strategi Diferensiasi en_US
dc.title Evaluasi strategi bersaing PIPINOS en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801044
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account