Abstract:
Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia semakin meningkat. Berbagai macam merek dan inovasi yang dilakukan membuat persaingan semakin ketat. PIPINOS merupakan sebuah bisnis bakery yang didirikan tahun 2018. PIPINOS menawarkan berbagai macam produk seperti cookies, kue, pastry dan roti. Dalam menghadapi persaingan industri yang ketat tersebut, dibutuhkan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi diferensiasi PIPINOS yang telah diterapkan selama ini. Penelitian dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Lingkungan internal dianalisis melalui fungsi pemasaran, keuangan, operasional dan sumber daya manusia. Sedangkan lingkungan eksternal dianalisis dengan PESTEL dan Porter’s Five Forces. Analisis internal dan eksternal ini, kemudian dipadukan ke dalam analisis SWOT matriks dan Balance scorecard. Kemudian dievaluasi mengenai strategi yang diterapkan selama ini, jika masih efektif maka dapat terus dijalankan. Tetapi jika belum efektif maka akan diberikan rekomendasi strategi bersaing baru untuk perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi fokus nilai terbaik (Best Value Focus) yang digunakan PIPINOS selama ini belum cukup efektif. Karena perusahaan terlalu fokus pada penerapan diferensiasi luar perusahaan. Pengelolaan manajemen dan produk yang ditawarkan belum bisa menjadi suatu keunggulan bagi perusahaan dalam persaingan yang ada. Berdasarkan analisis SWOT matriks dan Balance scorecard peneliti menyarankan Focused Differentiation Strategy, agar perusahaan lebih fokus kepada produk unggulan yang dapat ditawarkan dan bisa mendapatkan segmen pasar baru. Sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan di bidang industri makanan dan minuman yang ada.